Published On: Wed, Jul 13th, 2016

Atraksi Budaya Kolosal Meriahkan Lebaran Topat Di Lobar

dibaca 752 kali
Share This
Tags

gili kedisRADIO LOMBOK FM, Lombok Barat -Puncak Lebaran Ketupat (baca topat) 2016 yang jatuh pada Rabu, (13/07/2016) ini khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Barat akan dipusatkan di Pantai Duduk, Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.

Kegiatan dan berbagai macam atraksi serupa seperti halnya pada event Lebaran Topat tahun lalu, dipastikan akan digelar. Diantaranya, lomba zikir saman, lomba memukul beduq, lomba dulang pesaji yang bersikan berbagai jenis racikan kuliner khas Sasak dengan tagline utama ketupat, lomba pembacaan hikayat, lomba merangkai kulit ketupat, lomba dayung sampan dan berbagai atraksi menghibur lainnya dipastikan akan digelar.

Perayaan Lebaran Topat ini sendiri nantinya akan dihadiri Gubernur NTB beserta angggota Forkopimda, Bupati Lombok Barat beserta anggota Forkopinda kabupaten Lombok Barat, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan sejumlah pelaku pariwisata termasuk kehadiran dari sejumlah anggota Asosiasi Travel Agent NTB maupun dari luar daerah juga turut hadir. Wisatawan mancanegara sebagai sasaran promosi wisata juga tak lupa dihadirkan pada saat lebaran ketupat ini.

Perayaan Lebaran Topat di Lombok Barat tidak saja di selenggarakan di sepanjang pantai Senggigi, Batulayar dan sekitarnya, namun juga perayaan serupa juga diselenggarakan di sejumlah titik. Diantaranya, Pantai Kerandangan, Malimbu,Pantai Kuranji, Pantai Induk Gerung, pantai Cemare Lembar ataupun di Pantai Sekotong dan Taman Narmada.

Dikonfirmasi hal ini di Gerung, (12/7) Kadis Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi mengungkapkan, perayaan Lebaran Topat di Lombok Barat sudah siap 100 persen pelaksanaannya.

Perayaan Lebaran Topat menurutnya didahului dengan berbagai kegiatan seremonial dan tradisional. “Masyarakat biasanya memadati perayaan Lebaran Topat di sepanjang Pantai yang ada di Lombok Barat.

“Lebaran Topat sebenarnya lebaran rekreasi pantai bagi masyarakat, sebagai bentuk  kesyukurannya atas telah selesainya ummat Muslim melaksanakan ibadah puasa sunat Syawal,” ungkapnya. (007/009)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah