Published On: Tue, Oct 27th, 2015

Atasi Kekeringan, Pemerintah Diminta Lakukan Inovasi

dibaca 1,092 kali
Share This
Tags

Air PekatanLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Untuk mengatasi kekeringan khususnya yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) pemerintah perlu melakukan inovasi dalam arti memamfaatkan sumber mata air yang ada di wilayah tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan koordinator Sahabat Peduli Lombok (SPL) KLU, Anton Sahertian pada Lombok FM, 27/10/15.  Menurut Anton,  Kecamatan Tanjung terdiri dari 8 desa, dan ada beberapa desa yang setiap musim kemarau selalu terjadi kekeringan, seperti Desa Teniga, Sokong, Sigar Penjalin dan Desa Tegal Maja.

Kekurangan air ini terjadi karena belum dikelolanya sumber mata air yang ada, seperti sumber mata air Pekatan  Desa Jenggala yang debit airnya cukup besar. “Kalau sumber mata air Pekatan ini dikelola dengan baik, saya yakin akan mampu mengairi  semua wilayah di Kecamatan Tanjung”, jelas Anton

Selama ini, kata Anton, air yang berada di Pekatan banyak terbuang percuma ke laut, padahal setiap tahun selalu terjadi kekurangan air bersih. Dan seharusnya pemerintah KLU dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengambil langkah strategis untuk mengatasi kekeringan dengan membangun bendungan atau lainnya, ketimbang anggaran daerah  tidak terpakai yang pada ujungnya akan menjadi Silpa.

“Selama ini kan yang paling tinggi silpanya adalah Dinas PU Tamben KLU, padahal bila dana yang ada dimemafaatkan untuk membendung air dan dialiri ke desa yang dilanda kekeringan, maka pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KLU  tidak akan lagi menyulai air dengan mobil tanki. Jadi saya rasa pemerintah perlu melakukan inovasi yang jitu untuk mengatasi kekurangan air ini”, harap Anton.

Sumber mata air di Pekatan, lanjut Anton  selama ini masih digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro  (PLTMH) untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Dan kedepan perlu dipikirkan untuk mengatasi kekeringan dengan cara membuat bendungan, sehingga air yang ada tidak terbuang ke laut.  |004|117

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah