Published On: Thu, Aug 18th, 2016

APBDP 2016, KLU Anggarkan Satu Dokter Satu Desa

dibaca 1,082 kali
Share This
Tags

Radio Lombok FF-SUHARDIM, Lombok Utara—Program pemerintahan Najmul-Sarip yang menginginkan adanya penempatan dokter disetiap desa dipastikan mulai berjalan tahun ini. Pada APBDP 2016 melalui Dinas Kesehatan (Dikes) kabupaten Lombok Utara  (KLU) mulai menganggarkan pengadaan satu dokter satu desa tersebut namun dengan cara bertahap. Demikian dikatakan Plt Kepala Dikes (Kadikes) KLU Suhardi kepada Radio Lombok FM (18/8) di Tanjung.

“Tahun ini kemampuan kita untuk menganggarkan tidak bisa untuk semua desa, namun baru untuk penempatan dokter di sepuluh desa saja,” kata Suhardi

Suhardi mengatakan, sepuluh dokter untuk sepuluh desa ini akan diberikan kepada desa-desa terpencil yang akses untuk pelayanan kesehatannya cukup jauh. Salah satunya seperti desa-desa yang ada di Kecamatan Bayan, Desa Sambik Elen, Desa Loloan, Desa Sambik Bangkol, Desa Rempek Kecamatan Kayangan, Dan Desa Teniga Kecamatan Tanjung.

Ia menyampaikan, impian pemerintahan era Najmul-Sarip ini akan diwujudkan daerah secara bertahap yakni, selama kurun waktu tiga tahun, sehingga pada tahun 2018 mendatang semua desa yang ada di KLU dengan jumlah 33 desa baru sudah memiliki masing-masing dokter.

Sementara itu, Penganggaran untuk dokter desa dalam APBDP 2016 ini, masing-masing dokter yang ditempatkan didesa mendatang akan diberikan tunjangan honor perbulan sebesar Rp 3,5 Juta. Selain itu mereka akan diberikan fasilitas lain berupa kendaraan sepeda motor dan rumah dinas yang disiapkan daerah.

Suhardi melanjutkan, pihaknya akan melelang posisi jabatan tenaga dokter tersebut kepada masyarakat umum yang siap ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan wilayah. Perysaratan yang harus dilengkapi diantaranya ijazah kedokteran, sudah memiliki surat tanda registrasi (STR) dari pusat, dan pernah mengikuti kuliah profesi kedokteran. (005I017)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah