Published On: Tue, Sep 1st, 2015

APBD-P Lombok Tengah Tahun 2015 Diketok Dewan

dibaca 1,289 kali
Share This
Tags

dprdRADIO LOMBOK FM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah pada Senin (31/8/2015) akhirnya menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Lombok Tengah tahun 2015. Penetapan melalui sidang paripurna yang sekaligus meminta persetujuan dewan soal LKPJ AMJ tersebut, berlangung sukses walau sempat diskor oleh pimpinan sidang untuk Istirahat,Sholat dan makan

Sidang yang dipimpin oleh salah seorang pimpinan DPRD yakni Burhanudin,S.Ip tersebut, dihadiri Wakil Bupati Lombok Tengah,Drs.HL.Normal Suzana beserta jajaranya. Tidak seperti rapat paripurna sebelumnya yang selalu dihiasi interupsi karena ketidak hadiran SKPD, kemarin kepala SKPD tampak rata-rata menghadiri sidang.

Saat siding dibuka, sebuah interupsi diajukan oleh salah seorang anggota DPRD dari fraksi Demokrat,M.Samsoel Qomar,S.Sos yang memprotes terkait adanya sejumlah anggota dewan yang tidak menggunakan full dres pada siding yang sangat pentgfing tersebut.”Karena seperti kita kethui bersama, menggunkan fulldres pada siding ini merupakan tata tertiob yang harus dilaksankan,”katanya.

Bila dalam melaksanakan siding ini, pihak dewan melanggar tata tertib maka dipastikan apa yang diputuskan dalam siding tersebut cacat demi hukum.”Jangan sampai kita membuat sebuah keutusan besar dengan melanggar tata tertib, itu artinya apa yang kiita hasilkan tidak sah,”imbuhnya.

Untuk itu, apapun yang menjadi keputusan pihak pipinan rapat lanjut Samsoel, pihaknya tidak bisa melanjutkan untuk mengikuti rapat tersebut.”Selain itu, APBD-P yang saat ini sudah dibahas dan akan dimintakan persetujuan itu ada halk yang belum kami setujui, makanya kami belum tanda tangani laporanpansus tersebut,”tambahnya.

Terkait dengan hal tersebut, pimpinan siding yakni H.Burhanudin,S.Ip kemudian meminta persetujuan seluruh anggota dewan apakah siding akan dilanjutkan atau ditunda sesuai dengan usulan Samsoel Qomar tersebut. Dan sebagaian besar dewan setuju untuk melanjutkan siding, dengan catatan soal pelanggaran tata tertib tersebut diselesaikan melalui dewan kehormatan DPRD.

Sementara itum juru bicara Panitia Khusus (Pansus) I LKPJ AMJ DPRD, Hakam,S.Ip dalam laporanya menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait dengan LKPJ AMJ ayng telah dibahas. Sekitar 30-han unsure bidang pembangunan dan kehidupan di Lombok tengah tidak luput dari rekomendasi untuk diperhatikan.”Reakomendasi ini diharapkan menjadi acuan bagi peemrintah dalam menyusun program pemabngunan 5 tahun kedepan,”katanya.

Selain catatan penting soal pertanian, pendidikan, sa;lah satu penekanan yang menjadi rekomendasi Pansus I tersebut yakni soal kesehatan. Dimana masih banyaknya tenaga kesehatan yang dibutuhkan bila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang saat ini ada di Lombok tengah.”Misalnya, kita membutuhkan lagi dokter gigi sebanyak 50 orang, 571 orang perawat dan 714 bidan,”jelasnya.

Sementara itu juru bicara Pansus II APBD-P, M.Tauhid,S.Ip menyuatakan total APBD Lombok tengah saat telah mendapatkan anggaran tambahan sebesar Rp. 112 miliar yang bersumber dari pajak rtetribusi , DBHCHT dan sumber lainya sehingga total APBD yakni sebesar Rp.1,6 triliun.

Dari APBD-P tersebut, Rp.9 Miliar untuk Sekretariat Derah Bagian Umum.”Untuk itu, pada APBD-P ini anggaran juga banyak digelontorkan untuk Bagian Umum Sekretariat Daerah untuk membayar hutang tagihan listrik sebesar Rp.3,7 miliar itu. Masak mau Pilkada kok gelap-gelapan padahal kita pegang anggaran satu triliun,”ujarnya.

Selain itu, APBD-P bnayak digelontorkan ke pihak RSUD sebesar Rp.18 miliar lebih, Dinas Kesehatan Rp.6 miliar lebih dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga sebesar Rp.7 miliar lebih.”Untuk PU-ESDM justeru terjadi pengurangan.”Kita sarankan kepada eksekutif untuk soal Penerang jalan Umum (PJU-red) tidak lagi dikelola oleh Bagian Umum Sewkda, namun oleh PU-ESDM,”Tandasnya. |001|0103

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah