Published On: Wed, Sep 12th, 2018

Angin Puting Beliung di KLU, 7 Huntara Rusak 1 Pingsan

dibaca 592 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Utara-Angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU), Selasa siang (11/9) sekitar pukul 13.17. WITA. Putting beliung ini yang cukup keras ini berputar dan melintas di Dusun Kerujuk, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, KLU.

Atas kejadian ini tentu saja mengakibatkan warga yang tengah mendiami tenda pengungsian dan hunian sementara berhamburan keluar menyelamatkan diri. “Akibat kejadian ini beberapa warga yang berada di sekitar tempat kejadian terluka, pingsan 1 orang dirtimpa reruntuhan bangunan. Sementara 7 Hunian Sementara (Huntara) mengalami kerusakan.,” ujar Junaidi warga setempat kepada wartawan, Selasa.

Terpisah, Prakirawan BMKG Stasiun Bandara Internasional Lombok Levi Ratnasari menyatakan, fenomena cuaca tersebut sebelumnya terjadi juga di wilayah Lombok Utara.

Berdasarkan hasil analisis, peristiwa ini bukanlah puting beliung, melainkan pusaran angin secara vertikal yang berskala kecil. Pusaran angin itu biasa terjadi pada kondisi cuaca cerah yang disebabkan adanya pemanasan yang kuat di permukaan suatu tempat atau titik lokasi tertentu.

“Jadi hal ini mengakibatkan,terjadinya perbedaan tekanan udara di tempat tersebut dengan wilayah sekitarnya. Namun fenomena ini juga merupakan fenomena dalam skala kecil. Dampak yang ditimbulkan umumnya dapat menyapu debu atau benda-benda ringan di sekitar pusaran angin tersebut dalam waktu yang cukup singkat,” terang Levi.

Ia menghimbau kepada masyarakat jika melihat fenomena tersebut lebih baik segera menjauh pada jarak yang cukup aman. (07/021)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah