Published On: Thu, Aug 27th, 2015

Amankan Pilkada, Operasi Mantap Praja Gatarin 2015 Digelar

dibaca 1,031 kali
Share This
Tags

F- PENGECEKAN PASUKANRADIO LOMBOK FM – Polres Lombok Tengah, kemarin mengadakan gelar pasukan Operasi Mantap Praja Gatarin-2015 yang diikuti ratusan personil dari seluruh kesatuan.

Kapolres Loteng, AKBP Nurodin dalam arahannya mengungkapkan, gelar pasukan tersebut merupakan bentuk kesiapan
jajaran Polres Loteng dalam mengamankan jalannya Pilkada Desember mendatang.

Selain operasi Mantap Praja Gatarin-2015, sejauh ini berbagai operasi serupa telah digelar. Diantaranya , operasi Jaran
Gatarin , Simpatik Gatarin , Pekat Gatarin , Patuh Gatarin dan ketupat Gatarin . Berbagai pembekalan terhadap anggota juga telah dilakukan yang kesemuanya itu juga merupakan upaya jajaran kepolisian dalam menjaga keamanan , khususnya Pilkada.

Lebih dari itu, berbagai kegiatan tersebut merupakan bentuk tanggungjawab Polri dalam menjalankan tugas dan kepercayaan yang diberikan negara dan seluruh rakyat indonesia, yakni menjamin
keamanan, ketertiban dan kelancaran, demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada di Lombok Tengah.

Dengan demikian, seluruh jajaran kepolisian Polres Lombok Tengah diminta bersungguh sungguh dan penuh keikhlasan dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat Lombok Tengah pada Pilkada nanti bisa terwujud.

Salah satu agenda penting dalam waktu dekat yang harus segera disikapi adalah masa kampanye yang sangat rentan terjadi konflik antar pendukung/simpatisan pasangan calon, kecurangan dan tindak pidana pilkada yang dapat menyebabkan terjadinya kerusuhan massa seperti yang terjadi di Palopo, Sulawesi Selatan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, diperlukan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat, untuk senantiasa menampilkan sikap dan perilaku yang santun dalam berdemokrasi.

Aparat kepolisian dituntut bisa memberikan pemahaman dan pembinaan sebagaimana tugasnya sebagai pengayom dan pengaman masyarakat. Jika ada isu – isu yang berpotensi menyebabkan konflik, polisi harus bisa memberikan penjelasan dan memastikan permasalahan yang terjadi di masyarakat tidak meluas, apalagi sampai menimbulkan dampak negatif.

Timbulnya potensi kerawanan sendiri sebenarnya merupakan sebuah fenomena dalam masyarakat yang merupakan faktor korelatif kriminogen yang harus dikelola dengan baik, agar tidak berkembang menjadi
kerawanan kamtibmas yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada.

Dalam hal ini, pasangan calon juga bertanggungjawab atas permasalahan tersebut, yakni dengan mewujudkan kampanye damai dan simpatik . Disamping kampanye, masih banyak lagi tahapan yang berpotensi menimbulkan kerawanan, apabila tidak dikelola dengan baik. Untuk itu, pihaknya mengajak para penyelenggara Pemilu dan pihak-pihak terkait lainnya bekerjasama, membackup satu sama lain.

Adapun dalam aspek penegakan hukum yang perlu mendapat perhatian adalah adanya ketentuan khusus tentang pembatasan waktu dalam penanganan tindak pidana Pilkada. Dalam hal ini, seluruh unsur yang berkompeten dalam penegakan hukum agar mengefektifkan peranserta Gakkumdu dalam penanganan tindak pidana pilkada. Sehingga setiap perkara yang ditangani dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas .

Yang jelas kata Kapolres, semua pihak harus memahami bahwa Pilkada merupakan proses politik yang tujuan akhirnya adalah untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan daerah. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat di daerah ini dapat menciptakan suasana damai dan menghormati apapun hasil akhir dari pesta demokrasi ini. Yang jelas apapun pilihannya nanti, harus berdasarkan hati nurani, bukan materi atau yang lainnya. Jadi, sebelum menentukan pilihan masyarakat diminta untuk mempelajari calon masing-masing.

Di akhir arahannya, Kapolres mengeluarkan 5 instruksi. Yang pertama, jajaran Polres Loteng diminta untuk melaksanakan tugas dengan baik , mengenali wilayah tugas masing masing, memegang teguh komitmen netralitas dalam Pilkada , sehingga dapat berdiri di atas semua golongan tanpa. Polisi juga diminta terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Linmas dan unsur lain yang terkait dan tidak mempertaruhkan masa depan daerah hanya untuk kepentingan sesaat. |003|0021|

Foto Radioku Lombokfm.
Foto Radioku Lombokfm.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah