Published On: Fri, Nov 6th, 2015

Aliansi Pemuda Adat Sasak Hearing ke DPRD

dibaca 792 kali
Share This
Tags

aliansiLOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Adat Sasak Lombok Tengah pada Kamis (5/11) 2015 hearing ke DPRD setempat. Mereka mengeluhkan tentang banyaknya para pekerja lokal yang hingga saat ini belum bisa diserap oleh perusahaan yang kini sudah beroperasi di Lombok Tengah.

Pantauan Lombok FM, Ketua Aliansi Pemuda Adat Sasak, Selamat Ryadi mengatakan, aliansi tersebut mencakup pemuda 3 desa yakni Desa Batujai, Penujak dan Desa Bonder yang hingga saat ini belum banyak diserap oleh berbagai perusahaan yang ada saat ini dikawasan tersebut.”Untuk itu kami mempertanyakan tanggung jawab pemerintah terhadap keberadaan perusahaan tersebut,”Ujarnya.

Keberadaan pemuda yang saat ini banyak menganggur tandas Selamat Ryadi bisa menjadi “Bom Waktu” bagi keberlangsung pembangunan di Lombok Tengah. Bila mereka sudah capek menganggur dan pikiran menjadi kosong, maka hal yang tidak diinginkan bisa mereka lakukan.”Dengan kekuatan pemuda, apa saja mereka bisa lakukan dengan tanpa rasa takut dengan aparat,”Tandasnya.

Saat inbi keberadaan penduduk pribumi tandas Selamat Ryadi, benar-benar terpinggirkan. Karena sebagian besar pekerja yang ada, khususnya di sejumlah hotel dan toko modern yang ada, rata-rata orang jauh dan bukan masyarakat setempat.”Kami menanaykan mereka satu persatu dan ternyata yang banyak bekerja dari jauh semua,”Ungkapnya.

Menanggapi hal itu, perwakilan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tarnsmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah, Hasrsono menyatakan, terlalu berlebihan kalau para pemuda menyebut tidak ada masyarakat local yang bekerja diperusahaan tersebut. Ia mencontohkan, untuk di Bandara International Lombok (BIL) saja hampir 60 persen pekerjanya warga setempat.

Yang perlu dilakukan warga setempat saat ini lanjut Harsono, yakni mendaftarkan di ke Disnakertrans sebagai pencari kerja atau yang disebut sebagai ISO 1 atau kartu kuning satu. Dengan begitu, ketika ada perusahaan yang akan mencari tenaga kerja, maka dengfan mudah bisa didaftarkan diperusahaan tersebut.”Daftar kartu kuning satu ini gratis, maka untuk itu segeralah mendaftar,”Tandasnya. |001|10|

 

      pemuda adat sasak lombok tengah hearing ke DPRD

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah