Published On: Thu, May 25th, 2017

Aisirul Kabir : Luas Area Tanam Tembakau Masih Dalam Proses Pendataan

dibaca 284 kali
Share This
Tags

e4RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Aisirul Kabir selaku Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Peternakan mengatakan mengenai luas area tanam tembakau sampai saat ini belum lengkap dan sekarang masih dalam proses pendataan sehingga nanti bulan Juni semuanya sudah rampung. Untuk data sementara belum ada yang diterima, tetapi yang sudah diterima sementara ini adalah data usulan sebanyak 5 ribu hektare yang targetnya yaitu mencapai 15 ribu hektare, sedangkan untuk petani yang dapat program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) ditargetkan sebanyak 13 ribu.
“Jumlah itu hanya target tapi kita tidak tau nanti berapa jumlah validnya”, paparnya kepada RADIO LOMBOK FM Selasa (23/05/2017) saat diwawancara di ruangannya.

Penyediaan anggaran sendiri untuk DBH-CHT yaitu sebanyak Rp.12,5 Milyar yang nantinya akan dibagi ke banyak petani, sehingga ketika diusulkan tidak hanya menyertakan diri melainkan menyertakan menanam tembakau dalam bentuk surat pernyataan yang akan diserahkan ke pihaknya.

Menurut Kabir jumlah petani yang mengusulkan untuk mendapatkan DBH-CHT hanya mencapai 6 ribu untuk tahun 2017, sedangkan untuk tahun lalu yang mengusulkan sebanyak 16 ribu petani. Oleh sebab itu menjadi persyaratan petani mendapatkan DBH-CHT harus diperketat dikarenakan sekarang ini sebanyak 20 – 23 persen petani kekurangan area tanam tembakau disebabkan para petani beralih ke holtikultura, tutupnya.|002|042|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah