Published On: Sun, Oct 20th, 2013

Air Zamzam, Rice Cooker, dan Gunting Diamankan dari Jamaah Haji

dibaca 1,225 kali
Share This
Tags
Air Zamzam, Rice Cooker, dan Gunting Diamankan dari Jamaah Haji

Air Zamzam, Rice Cooker, dan Gunting Diamankan dari Jamaah Haji

Indra Subagja – detikNews

Jeddah – Imbauan yang diberikan jauh-jauh hari pada jamaah haji sepertinya tak terlalu mempan. Masih banyak di antara mereka yang nekat membawa air zamzam di tas atau koper mereka. Petugas pun terpaksa mengamankan barang bawaan itu untuk keamanan.
Pantauan detikcom di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Minggu (20/10/2013), petugas menyortir barang bawaan jamaah. Tindakan ini diambil agar mereka tidak mengalami hambatan saat pemeriksaan oleh petugas Saudi.

“Barang-barang ini kan nggak boleh. Barang berair lebih dari 110 ml, dan barang yang membuat bawaan melebihi kapasitas,” kata Kadaker Jeddah Endang Jumali di lokasi.

Menurut Endang, petugas haji sudah melakukan imbauan. “Tapi masih banyak yang coba-coba,” tambahnya.

Jamaah haji diminta untuk mengeluarkan barang-barang itu. Petugas haji lalu mengumpulkan dan menyimpannya. Banyak jamaah yang sebenarnya keberatan, namun petugas memilih keamanan sebagai faktor yang utama.

Petugas dari Garuda juga dengan telaten membantu jamaah memberitahu agar barang berbau logam tak dibawa, seperti gunting kuku atau pisau. Petugas dari Garuda juga membantu jamaah menyiapkan paspor dan tiket boarding mereka.

Untuk air zamzam Garuda akan memberikan jatah 5 liter bagi jamaah saat tiba di bandara tujuan. Sedang untuk tas hanya diperkenankan seberat 7 Kg, sedang koper 32 Kg.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah