Published On: Wed, Oct 1st, 2014

Air terjun mayung putik

dibaca 1,248 kali
Share This
Tags

g4

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Mayung Putek yang berketinggian sekitar 60 m, memiliki kandungan belerang sehingga berwarna putih. Dengan demikian dapat digunakan untuk menyembuhkan bebagai macam penyakit kulit.

Mayung Putek adalah sebuah nama dalam bahasa Sasak yang berarti Rusa Putih yang konon menurut dongeng di masa lalu di lokasi air terjun ini pada saat tertentu sering terlihat Rusa Putih yang sedang mandi atau minum.

Terletak di perbatasan kabupaten Lombok Timur dan Utara, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Berjarak kurang lebih 173 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dari kota Mataram. Terdapat 2 alternatif rute jalan yang bisa dilalui melalui Kota Mataram. Rute pertama dengan melewati kawasan Kabupaten Lombok Timur yaitu Mataram-Narmada-Mantang-Kopang-Terara-Sikur-Aikmel-Suwela-Sapit-Lemor-Sembalun Bumbung-Sembalun Lawang-Bira. Sedang rute kedua melewati jalur Kabupaten Lombok Utara yaitu Mataram-Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi-Pemenang-Tanjung-Gondang-Selengan-Batu Gembung-Desa Senaru-Dasan Grisak-Desa Sambek Elen-Bira.

Setelah tiba di Desa Bilok Petung akan ditemui jalan dengan tanda panah bertuliskan Air Terjun Mayung Putik yang berada di pinggir jalan.  Ikuti jalan tersebut hingga tiba di ujung jalan yang nanti berakhir di areal parkiran.  Selanjutnya dari tempat parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit melewati jalan setapak menuruni anak tangga, melewati bukit dan menyeberangi sungai hingga tiba di lokasi air terjun berada.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah