Published On: Thu, Oct 15th, 2015

Air Bersih Belum Merata di Dusun Mandala

dibaca 455 kali
Share This
Tags

NasrudinTANJUNG, Lombok FM – Kampung Kebon Seler Dusun Mandala Desa Bayan Kecamatan Bayan, terletak tidak jauh dari sumber mata air hutan adat Mandala. Jaraknya sekitar 300 meter. Sayang, warga yang tinggal di kampung tersebut harus turun naik hutan adat baru dapat menikmati air bersih, karena tidak ada perpipaan yang mengalir.

Sariadi, salah seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan, dari 162  KK yang ada di Dusun Mandala baru 67 KK yang sudah dapat menikmati air bersih, sementara sisanya yang tinggal di kampung Kebon Seler belum mendapat aliran pipa air bersih. Akibatnya, mereka harus rela berjalan kaki ke hutan Mandala untuk mengambil air kebutuhan sehar-hari.

“Memang jarak antar hutan Mandala dan kampung tersebut hanya 300 meter, tapi jalannya yang menanjak, sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah untuk membantu perpipaan air bersih sepanjang 3 km yang sumber mata airnya dari Paok Lendong Dusun Montong Baru”, kata Sariadi.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Nasrudin, SHi, salah seorang anggota DPRD KLU dari Dapil Bayan berjanji akan memamfaatkan dana aspirasinya untuk membangun perpipaan ke kampung Kebon Seler.

“Ini memang menyedihkan, warga yang berada didekat sumber mata air bersih, tapi tidak dapat menikmatinya. Insya Allah minggu ke tiga bulan Oktober ini kita akan mulai membangun perpipaan untuk warga Dusun Kebon Seler”, kata Nasrudin kepada Lombok FM ketika dihubungi via ponsel (15/10/15)

Sementara pemerintah Desa Bayan, juga sudah menganggarkan perpipaan air bersih untuk beberapa dusun yang ada diwilayah desa Bayan. “Kita sudah anggarkan dari dana desa untuk perpipaan terutama bagi dusun yang belum menikmati air bersih”, kata Kepala Desa Bayan, Raden Madikusuma..|004|068|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah