Published On: Sun, Mar 13th, 2016

Ada Kuliner Khas Lombok, Namanya Bantal

dibaca 958 kali
Share This
Tags

poto7RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Jika anda mengunjungi Pulau Lombok, jangan lupa mampir di Desa Gapuk Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Anda bisa menikmati olahan jajanan khas Lombok yang dikenal dengan bantal. Sekilas dari tampaknya, kue bantal mirip dengan bantal guling, sehingga namanya diadopsi dari sana.

Haryadi warga Desa Gapuk, mengatakan “Kue bantal berasal dari kata bantal guling, karena tanpaknya mirip dengan bantal tidur” paparnya pada Lombok fm, Sabtu 12/3/2016.

Seiring perkembangan zaman, kue bantal ini sudah tidak mudah dijumpai di Lombok. Tetapi apabila anda berada di Lombok Timur, yang berjarak kurang lebih 50 Km dari Kota Mataram, anda akan lebih mudah menjumpai penjual kue bantal berjejer dipinggir jalan Desa Gapuk. Ini karena lokasi desa sangat strategis, dan berada di pinggir jalan utama. Oleh sebab itu, wisatawan baik lokal maupun asing dapat dengan mudah menjumpai penjual kue bantal ini.

Kue bantal ini terbuat dari ketan yang ditambah isian di tengahnya dan dibungkus dengan menggunakan daun aren. Proses pembuatan kue bantal ini cukup mudah, mula-mula beras ketan dibersihkan, kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda dan diberi garam secukupnya.

Setelah itu membuat cetakan dari daun aren berbentuk kubus. Kemudian adonan ketan yang sudah siap dimasukkan setengahnya ke dalam cetakan, kemudian diberi isian pisang atau kacang tolo lalu dimasukkan kembali adonan ketan hingga terisi merata. Setelah itu kue bantal dimasukkan ke dalam panci berisi air panas untuk di masak.

Biasanya satu ikat kue bantal terdiri dari 10 biji dan dijual dengan harga Rp.15.000, sedangkan untuk satuan anda bisa membayar Rp. 1.500.
Bagi warga ataupun para wisatawan yang datang ke pulau Lombok, jika anda makan kue bantal tentu akan terasa semakin nikmat bila ditemani dengan minuman tuak manis. Tuak manis tersebut berasal dari pohon enau. Minuman ini semakin nikmat dikonsumsi dalam keadaan dingin. Harganya pun cukup terjangkau, untuk per botol Air Tuak manis harganya hanya Rp. 5000.

Anda bisa menikmatinya sembari bersantai saksikan pesona alam Lombok. Menikmati kuliner khas Lombok, dipastikan membuat anda ingin kembali berkunjung ke Lombok, untuk menikmati semua yang ada di Lombok. |006|020|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah