Published On: Wed, Oct 28th, 2015

Abrasi Pantai Semakin Meluas

dibaca 1,038 kali
Share This
Tags

loLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com – Abrasi di pesisir Pantai Talindung kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok timur terus meluas. Bahkan, kondisinya semakin parah dari tahun ke tahun.

Adapun informasi warga setempat, sekitar 5 Kilometer (KM) panjang bibir Pantai, sudah terdapat 3 titik abrasi pantai. Mulai dari pantai Kuarleko kecamatan kuarleko sampai dengan pantai Komala sari Kecamatan Pringgabaya, kabupaten Lombok timur.

“Abrasi semakin tak terkendali. Dari tahun ke tahun kondisinya semakin memburuk,” ungkap bebrapa warga saat ditemui disekitar pantai Talindung kemaren selasa 27/10/2015.

Adapun 3 titik pesisir Pantai yang mengalami abrasi bisa terlihat mulai dari tumbangnya pepohonan sekitar bibir pantai dan semakin berkurangnya lahan yang dimiliki warga.

Kondisi ini makin diperparah jika terjadi air pasang atau rob. Paling menghawatirkan abrasi yang terjadi di sekitar pesisir pantai terutama pantai Talindung Desa Anggaraksa kecamatan Pringgabaya.

“Ketika air laut pasang datang sampai ke daratan, Kebun kelapa sering kali tumbang tergerus ombak serta lahan warga semakin berkurang dari tahun ke tahun” Tutur salah seorang pemerhati lingkungan, Anggar.

“Adapun dampak yang dirasakan warga, dalam hal perekonomian menurun pasalnya, warga yang kesehariannya melaut, kesulitan tempat parkir moda pengangkutan. Selain itu pemilik lahan perkebunan pesisir pantai tak jelas nasibnya” jelas Anggar saat dikonfirm lombok fm via telpon 27/10/2015.

Dari persoalan abrasi tersebut, belum ada penanganan intens dari pihak pemerintah. Padahal warga dan di bantu pemerintah tingkat desa bersama-sama mengusulkan pada Pemerintah bagian umum untuk segera melakukan tindakan.

” Kami bersama masyarakat dan pemerintah mengusulkan pembangunan tanggul, guna mengantisipasi abrasi bibir pantai dan lahan perkebunan” Ungkapnya menambahkan. |006|043|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah