Published On: Thu, Sep 3rd, 2015

8 Jema’ah Calon Haji Tertunda,Akan Segera Diberangkatkan

dibaca 689 kali
Share This
Tags

f- jema'ah haji loteng  (2)RADIO LOMBOK FM – Kementrian Agama wilayah Kabupaten Lombok Tengah akan memberangkatkan 9 jema’ah calon haji yang ditunda karena salah sistem atau tolak sistem dari sistem elektronik haji atau E-haji yang dipastikan sudah masuk dalam kuota haji tahun ini.

Kasi penyelenggara haji dan umrah PHU kementrian agama kabupaten Lombok Tengah, Muzakir Hayyi ketika ditemua radio Lombok fm [2/09/2015] diruang kerjanya mengatakan, Kemenag setempat sudah mengurus semua kekurangan sehingga pada tanggal 4 setember nanti 9 jema’ah haji yang belum di berangkatkan akan segera di berangkatkan.

Delapan sudah dikeluarkan visanya dari pemerintah kerajaan Saudi Arabiyah, dan satu yang sudah positif tinggal berangkat.jelasnya.

Kesalahan sistem yang mengakibatkan puluhan jema’ah haji harus tertunda keberangkatannya tersebut, akibat kurangnya pengetahuan calon jema’ah haji terkait sistem elektronik haji yang baru tahun ini di berlakukan oleh kementrian agama dengan pihak kedutaan besar Saudi Arabiyah.

Rata-rata kesalahan yang terjadi dalam dokument JCH tahun ini terdapat sejumlah kesalahan pada nama alamat dan umur calon jema’ah haji sehingga dari sistem di kerajaan Saudi Arabiya tidak di baca sehingga visapun tidak bisa dikeluarkan oleh pihak kedutaan Arab Saudi.

‘’Belum terbiasa dengan sistem elektronik haji ini karena baru mulai diterapkan di indonesia,’’ ungkap hayyi.

Sampai saat ini caloan jema’a haji yang sudah tiba di madina berjumlah 681 dari 697 hingga tersisisa hanya 16 orang yang belum diberangaktkan termasuk 8 didalamnya yang masih brmasalah dengan visa, dan akan diberangkatkan pada tanggal 4 september mendatang besama jema’ah haji lainnya dengan kloter gabungan.

Sedangkan dua diantara jema’ah calon haji dipastikan meninggal dunia di madinah dan sudah di makamkan di Baqik sebuah wilayah di Bir Ali Madinah. Beberapa waktu lalu. Musim haji tahuaini terbilagn berat karena cuaca yang sanagat panas memebuta kondisi jem’ah haji drop dan harus ekstar menjaga kesehatan, jema’ah caloan haji diminta unutk tidak melakukan aktivitas yang tidak berhubungan denga ibadah haji karena akan menguras energi dan mengganggu kesehatan,pola makan juga hrus diperhatikan oleh semua Jch karena ancaman penyakit kerap kali mengancam para jema’ah calon haji asal Indonesia.|003|0037|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah