Published On: Wed, Oct 24th, 2018

6000 Santri se Lobar Ikuti Apel Hari Santri Nasional

dibaca 247 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Tidak kurang dari 6000 santri dari ratusan Pondok Pesantren (Ponpes) se Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti apel paripurna memperingati Hari santri Nasional (HSN) Senin (22/10) di halaman Kantor Bupati Lobar Giri Menang, Gerung.

Dengan penuh khidmat seluruh santri mengenakan sarung berbaris sesuai dengan peletonnya masing-masing. Demikian juga para pejabat lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat tanpakecuali juga mengenakan sarung.

Upacara HSN ini merupakan tahun keempat keluarga besar santri se Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Hari Santri 22 Oktober merupakan babak baru dalam sejarah umat islam Indonesia dan merupakan bukti pengakuan negara atas jasa-jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Menteri Agama dalam sambutan tertulisnya dibacakan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyatakan, Hari Santri tahun ini mengangkat tema “Bersama Santri Damailah Negri” merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai visioner perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi islam di Indonesia.

Dikatakannnya, dalam momentum hari santri ia juga mengingatkan agar santri mengenang resolusi jihad yang dicetuskan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. Resolusi jihad itulah yang menjadi cikal bakal pertempuran Surabaya 10 November 1945 yang sekarang kita kenal sebagai hari pahlawan.

Secara khusus Bupati Lobar H. Fauzan memberikan apresiasi dan terima kasih kepada santri yang telah berkontribusi memerdekakan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (07/040)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah