Published On: Fri, Jun 24th, 2016

5 Desa Belum Tuntas proposal ADD, PTPKD Bekerja Tidak Maksimal

dibaca 584 kali
Share This
Tags

desaRADIO LOMBOK FM, Lombok Utara- Sebanyak 33 Desa di Kabupaten Lombok Utara (KLU) terdapat 5 Desa yang saat ini proposal pengajuan Anggaran Dana Desa (ADD) belum juga di verifikasi Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan, Keluarga Berencana, dan Pemerintah Desa (BPM PPKB Pemdes) KLU.

Diungkapkan oleh Kabid Pemdes BPM PPKB Pemdes KLU, Edi Agus Wahyudi, kelima desa tersebut yakni, Desa Pemenang Timur, Malaka, Tegal Maja, Sambik Bangkol, dan Sesait. Namun, pihaknya menyakini ini hanya lah persoalan waktu saja.

‘’Kelima desa itu belum di verifikasi karena masih menyesuaikan perhitungan (TOS),” ungkapnya jumat (24/06/2016).

Ditambahkan, beberapa faktor yang menyebabkan kelima Desa tersebut belum juga merampungkan proses proposal yakni, ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih kurang didesa tersebut, RAB yang disampaikan notabene tidak berada semua dalam APBDes, dan yang paling parah pendamping desa yang disediakan oleh pusat telah habis masa kontraknya.

‘’Pendamping desa itu yang paling sentral perannya, sekarang mereka kelabakan karena kontraknya dari pusat sudah habis dan belum ada penggantinya,” terangnya.

Menurutnya, dengan tidak adanya pendamping desa yang saat ini mengawal penyusunan pengajuan anggaran tersebut, beberapa desa saat ini dikabarkan mengalami kelabakan. Mengingat, saat ini banyak pelaksanaan tekhnis pengelolaan keuangan desa (PTPKD) dirasa tidak bekerja maksimal.

‘’PTPKD tidak banyak berfungsi meskipun terdiri dari unsur desa, namun hanya sebagian orang yang bekerja,” terangnya.

Kendati demikian, Edi tetap berkeyakinan kelima desa tersebut akan dituntun dan diuapayakan segera rampung proposalnya sebelum hari lebaran nanti.

‘’Insyallah bisa, karena sekarang tinggal menyesuaikan perhitungannya saja,” pungkasnya.|005|021|.

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah