Published On: Tue, May 8th, 2018

4 Negara Kunjungi Pamansam Narmada

dibaca 31 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat – Minggu (6/5/2018) 4 negara yang tergabung dalam negara Asia Pasifik di antaranya Jepang, Belanda, Australia, dan Newzeland mengunjungi Penanganan Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah (Pamansam) di Desa Narmada, Kecamatan Narmada Lombok Barat (Lobar). Keempat negara tersebut ingin belajar tentang pengolahan limbah organik menjadi kompos, limbah menjadi biogas. Kedatangan mereka langsung di sambut Kepala Desa dan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)) Desa Narmada Hj.Uminingsih di Laboratorium Pamansam Temas, Desa Narmada.

Kesuksesan program Pamansam yang melibatkan PKK dalam mendaur ulang sampah menjadi berharga dan menjadikan sampah organik menjadi pupuk organik serta menjadikan limbah menjadi biogas. Hal ini menjadi daya tarik sepesifik sehingga 4 negara tersebut tertarik mengunjungi sistem pengolahan sampah menjadi bahan produktif. Pamansam Narmada juga mendapatkan kunjungan dari berbagai lembaga perguruan tinggi dalam daerah maupun luar daerah. Tidak hanya sekedar belajar tiori, namun para peserta kunjungan juga belajar langsung di lokasi.

Hj. Umminingsih, Ketua Tim PKK Desa Narmada menyebutkan, atas keaktipan anggota PKK Desa Narmada berbuah manis. Belum lama ini pihaknya mendapatkan berbagai bentuk penghargaan bergengsi. Diantaranya dari Kementrian Pariwisata, Lingkungan Hidup dan Kementrian Pekerjaan Umum RI.

Hj. Ummi Ningsih menjelaskan, kepeduliannya terhadap lingkungan bukan semata-mata mencari penghargaan namun ia ikhlas dan tulus terhadap pelestarian lingkungan. “Kunjungan sejumlah negara ke Narmada sesunguhnya ingin belajar dan sharing pengalaman dan ingin sekaligus belajar tentang pengelolaan sampah organik dan belajar cara pembuatan kompos dari limbah. Bahkan kedatangan negara-negara ini juga sekaligus ingin belajar Bahasa Indonesia,” ujar Umminingsih yang juga guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Lingsar ini.

Ummi Ningsih mengaku, setiap tamu yang berkunjung ke Pamansam Narmada sebelumnya diberikan penjelasan terlebih dahulu untuk selanjutnya tamu diajak langsung menuju ke lapangan untuk melihat secara langsung pembuatan kompos, dan melihat wisata lingkungan yang sehat di wilayah Desa Narmada. (07/009)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah