Published On: Thu, Jul 19th, 2018

4.564 CJH NTB, Hamil Muda CJH Asal Loteng Gagal Berangkat

dibaca 436 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Mataram -Karena diketahui hamil muda, salah seorang Calon Jamaah Haji (CJH) kloter pertama atas nama Murniati binti Sumaningrum (30) asal Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), NTB gagal berangkat yang diterbangkan mulai Selasa (17/7) menuju Embarkasi Surabaya melalui Bandara Internasional Lombok (BIL).

Dalam prosedur keberangkatan CJH asal Loteng tersebut, sedianya CJH gagal berangkat tersebut berangkat bersama suaminya menuju ke Tanah Suci Mekkah Almuqorromah. “Sayangnya CJH tersebut gagal diberangkatkan karena diketahui hamil muda. Sebagaimana diatur berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Kesehatan menyebutkan, jamaah haji perempuan yang hamil di bawah usia 6 minggu dan di atas 24 minggu sama sekali tak diperbolehkan berangkat,” jelas Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama provinsi NTB H. Nasrudin kepada wartawan, Rabu (18/7) di Mataram.

Dikatakan, sekalipun yang bersangkutan gagal berangkat, namun suaminya tetap berangkat menunaikan ibadah haji. Sementara istrinya yang gagal berangkat bisa diganti dengan jemaah lain asal Kabupaten Lombok Tengah. “Jadi sesuai hasil USG yang bersangkutan sedang hamil 4 minggu. Sehingga, kemungkinan besar tidak diberangkatkan, karena di khawatirkan membahayakan ibu dan janin,” ujar Nasrudin.

Secara umum kata Nasrudin, sebanyak 4.564 jamah haji asal NTB diberangkatkan tahun ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 4.514 jemaah. CJH asal NTB terbagi menjadi dua gelombang dengan 11 kloter. 8 kloter gelombang pertama dan 3 kloter gelombang kedua. (07/033)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah