Published On: Mon, Oct 5th, 2015

33 Kades KLU Studi Banding ke Desa Ciburial

dibaca 1,414 kali
Share This
Tags

hmmRADIO LOMBOK FM – Untuk mengakhiri Bimbingan Teknis (Bimtek) di Jakarta, 33 kepala desa yang didampingi kepala BPM PPKB Pemdes Lombok Utara [4/10/2015] melakukan studi banding ke desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bogor.

Kepala BPM PPKB Pemdes Lombok Utara, Drs. H. Jayadi, dalam kunjungannya yang diterima Sekdes Ciburial, Asep Rahmat mengatakan kepala desa se Lombok Utara ini berjumlah 33 Orang telah mengikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa sebagai implementasi UU 6/2014 tentang desa bertempat di Hotel Travelles Jakarta selama 3 hari. Dan pada hari ini (kemarin-red) melakukan studi banding untuk melihat perkembangan desa Ciburial yang telah banyak meraih prestasi untuk shering pembelajaran.

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) KLU, Jauhari yang ikut rombongan mengaku, bangunan kantor desa Ciburial terbilang mewah seperti bangunan vila lantai dua, yang dibangun secara swadaya. Desa Ciburial hanya memiliki 3 dusun dengan jumlah penduduk 12 ribu jiwa atau 3.200 kepala keluarga.

Sementara Sekdes Ciburial, Asep Rahman mengatakan, bahwa didesa tersebut terdapat sumber mata air cukup besar yang keluar dari celah pegunungan sehingga petani jadi makmur. “Desa Ciburial ini berada di Wilayah perbukitan dan pegunungan yang memiliki keunikan karena sudah menjadi desa wisata sejak tahun 2011, dan terdapat sebuah goa bernama goaTiu peninggalan penjajah Belanda dan jepang”, jelasnya.

Dalam membangun desa, tingkat swadaya masyarakat cukup besar yaitu mencapai Rp. 2,6 miliar. Sementara pemerintah desa hanya memfasilitasi pembangunan, sedangkan pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat. “Untuk APBDes tahun 2015 di desa Ciburial sebsar Rp. 1,3 miliar lebih, yang diperuntukkan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan kegiatan lainnya. 004|042|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah