Published On: Wed, Jul 1st, 2015

Kejutan Sepanjang Jalan Dari Kota Praya Hingga Pantai Kuta

dibaca 1,716 kali
Share This
Tags

KUTARADIO LOMBOK FM – Pantai Kuta Lombok, salah satu obyek wisata yang sudah terkenal ke dunia internasional, yang terletak di Desa Kuta kecamatan Pujut Lombok Tengah. Bila anda kesana dan berangkat dari kota Praya, banyak keunikan dan pemadangan eksotis yang bisa anda jumpai. Pantai kuta berada sekitar 27 km kearah selatan selatan Lombok Tengah, kabupaten yang terkenal dengan moto Tatas Tuhun Trasna. “Tatas yang berarti Berwawasan luas, kemudian Tuhu berarti Kerja keras dan Trasna berarti Cinta kasih.

Pantai Kuta adalah pantai yang memiliki beraneka ragam pesona, mulai dari ke indahan alam, laut, pantai, ombaknya dan pasirnya yang putih bersih yang jarang dimiliki oleh pantai yang ada di indonesia bahkan negara lain. Itulah sebab pantai itu dinobatkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata oleh presiden beberapa waktu lalu

Memulai perjalan ke Pantai Kuta, maka anda harus melintas bendungan yang tidak kalah besarnya dengan bendungan lain yang ada di NTB, bahkan satu-satunya bendungan yang berada di pusat perkotaan.

Melangkah lagi, kearah selatan anda dapat menikmati pemandangan alam disepanjang jalan, sekitar empat kilo meter ke selatan, anda akan menemukan bangunan yang begitu luas dan megah sambil melintasi jalan baypass. Itulah Bandara Internasional Lombok (BIL), pintu keluar masuknya orang ke NTB dan ke negara lain di dunia.

Berangkat dari BIL ke arah seletan sekitar 9 km, anda akan melihat rumah-rumah unik traditional sasak. Itulah kampung tradisonal Sasak ‘Sade’ yang terletak di Desa Rambitan kecamatan Pujut. Objek wisata itu menawarkan keaslian gaya hidup masyarakat sasak tempo dulu dengan rumah lumbung. Masyarakat kampung itu rata-rata ahli menenun kain, berupa kain songket bermotif lokal. Bagi yang tertarik dan ingin mencoba cara menenun songket, bisa mencobanya di kampung itu.

Setelah menikmati keunikan kampung Sade, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Pantai Kuta. Hati-hati, karena walau jalanya sudah lebar dan mulus, namun banyaknya tikungan berkelok khas perbukitan dengan sedikit tanjakan, akan menambah petualangan anda ke Pantai Tersebut.

Setelah belok kiri begitu tiba dibundaran jalur dua, anda akan menemukan lagi bundaran ke dua tepatnya di Pasar Seni Pantai Kuta. Pasar itu merupakan pusat central usaha masyarakat setempat, bebagai bentuk sovenir, menu makanan khas lombok, kain tenun akan bisa di peroleh wisatawan ditempat itu.

Melanjutkan perjalan berbelok ke arah kanan dari bundaran pasar seni keselatan, terlihat pemandangan pantai yang air lautnya biru kebening-beningan, gunung-gunung dipinggir pantai dengan pesona alam pasirnya putih tidak lebih sebesar merica.

Dulunya, pantai kuta terhalang oleh bangunan-bangunan bederat dipinggir pantai. Akan tetapi sekarang, bangunan itu sudah diratakan dan tinggallah bentangan Pantai Kuta yang penuh keindahan dan pesona, terpampang dan bisa dinikmati dari jalanan.

Pantai Kuta dengan padang pasir yang putih bersih dan bisa manfaatkan untuk menjemur tubuh sehingga bisa mendatangkan kebahagiaan abadi. Bisa dikatakan pantai itu surganya para penyelam, perenang dan berjemur.

Selain panorama yang indah, berbagai fasiltas seperti hotel berbintang hingga penginapan kelas bawah, home stay. Bukan hanya itu, fasiltas lainnya seperti bungalow, restoran, pemandu surfing, warung kecil dan pos pengamanan pariwisata sudah tersedia. Semua itu demi kenyamanan wisatawan.

Menu makan mulai dari khas Lombok hingga khas masing-masing negara sudah tersedia. Disebalah utara jalan berdiri hotel berbintang, wisatawan bisa melihat keindahan pantai dari penginapan, bisa juga keluar sambil berjalan menikmati segarnya angin pantai.

Harga sewa penginapan bervariasi, mulai terendah Rp 250 ribu hingga Jutaan rupiah tergantung pilihan. Home stay berderet dipinggir jalan menanti pemesan, begitu juga hotel berbintang bahkan bungalow.‘’Mengenai sewa penginapan, karena banyak yang disediakan mulai dari home stay hingga hotel berbintang bervariasi,’’ ungkap kepala Disbudpar Loteng HL Putria.

Keamanan dan kenyamanan di wilayah selatan saat ini sudah bisa dirasakan. Hal itu karena sudah terbentuknya kesadaran masyarakat dan kerjasama antar masyarakat dengan pihak-pihak terkait . “Pos keamanan tersedia dibeberapa titik, selain itu petugas keamanan yang sudah dibentuk baik pemerintah daerah dan masyarakat setempat seperti pam keamanan pantai dan BMW sudah bisa memberikan kontribusi keamanan dan kenyamanan dipantai tersebut”Jelas Putria.|001|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah