Published On: Tue, Jun 14th, 2016

1680 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Masuk PTKIN

dibaca 444 kali
Share This
Tags

hanapiRADIO LOMBOK FM, MATARAM – Calon mahasiswa yang mendaftar melaui jalur online atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), yang dilaksanakan di IAIN Mataram selama dua hari sebanyak 1.680 calon mahasiswa. Wakil Rektor 1 IAIN Mataram, Dr. H. Masnun, M.Ag mengatakan, UM-PTKIN dilaksanakan di kampus satu IAIN Mataram Jl. Pendidikan No. 35 dan kampus dua IAIN Mataram Jl. Gajah Mada Jempong, untuk hari pertama tanggal 14/06/2016 calon mahasiswa akan diuji dengan materi tes potensi akademik (TPA), kebahasaan dan keislaman. Sedangkan untuk hari berikutnya tanggal 15/6/2016 dengan materi IPA dan IPS.

Selain itu calon mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi islam negeri di luar daerah juga bisa mengikuti ujian seleksi di IAIN Mataram, dari 1.680 calon mahasiswa hanya 1.500 yang mendaftar di IAIN Mataram dan sisanya yang 180 mendaftar di perguruan tinggi islam negeri yang ada di luar daerah, seperti UIN Surabaya, Jogja, Malang dan sebagainya.

Dari 1.500 jumlah calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di IAIN Mataram hanya akan diambil 30 persen saja namun itu masih bersifat fleksibel. “Normatifnya jalur SPAN itu 50 persen dari 2.400 calon mahasiswa yang mendaftarkan dirinya, kemudian UM-PTKIN 30 persen kemuian jalur mandiri 20 persen, itu normatifnya.

Kemarin (pada saat ujian masuk melalui jalur SPAN), kemarin seharunya 50 persen namun itu tidak terpenuhi karena ada yang tidak mencukupi grade, dan kita akan menerirama sekitar seribu dari jalur ini”, papar Masnun kepada RADIO LOMBOK FM di Matarm (16/06/2016).

Dan ia mengharapkan kepada seluruh calon mahasiswa untuk jangan pernah percaya kepada orang ketika menjawab soal, harus percaya diri dan menghargai kemampuan pribadi terlebih pada saat bulan puasa, integritas dan kejujuran saat melaksanakan ujian harus benar-benar dijaga.(006|020)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah