Published On: Tue, Jun 12th, 2018

16 warga Sumbawa Jadi Korban Penipuan Jual Beli Online

dibaca 1,183 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Sumbawa-16 Orang korban penipuan jual beli emas online asal Sumbawa Barat mengalami kerugian Rp. 32 juta. Kasus ini bermula dari laporan salah seorang korban kepada Polres Sumbawa. Pasalnya uang yang ditransfer untuk pembayaran pesanan emas kepada salah seorang yang diduga pelaku berinisial FMB barangnya tak kunjung tiba.

Kepolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa S. Ik., MH dalam keterangan tertulisnya diterima RADIO LOMBOK FM, Selasa (12/6/2018) menyatakan, dalam operasinya tersangka FMB memosting barang perhiasan emas dengan berbagai variasi model ke media sosial berupa gelang, cincin hingga anting.

Setelah dilakukan penyelidikan, Polres Sumbawa akhirnya bisa menangkap tersangka dan mengamankan sejumlah barang seperti percakapan dengan korban, nomor rekening dan handphone untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Ditambahkan Kapolres, atas perbuatannya, tersangka FMB dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun kurungan penjara.

Tersangka sendiri ungkap Kapolres merupakan warga Kabupaten Sumbawa. Polres Sumbawa akan segera medalami kasus ini dengan tujuan untuk mencari korban lain dari tindak kejahatan penipuan yang dilakukan tersangka.

Atas kejadian tersebut, Kapolres berharap agar masyarakat agar berhati-hati dalam memilah dan memilih jual beli online. Karena, kasus penipuan serupa sudah seringkali terjadi. “Kami harap kepada masyarakat untuk jeli. Jangan tergiur dengan barang-barang yang ada di dunia maya. Pastikan situs jual beli online itu bisa terpercaya atau tidak,’ ujarnya.

Kapolres menduga, dalam transaksi online terduga mengajak dan merekrut pengguna medial sosial sebagai agennya dengan komisi dan keuntungan yang disepakati. (07/019)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah