Published On: Wed, Nov 4th, 2015

1000 Petani Dapat Bantuan Paket Perlindungan Dini

dibaca 326 kali
Share This
Tags

petLOMBOK TENGAH,lombokfm.com Sebanyak 1000 orang petani, khsusnya petani tembakau mendapat bantuan paket Perlindungan Dini Paparan Pestisida. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Bupati Lombok Tengah,HM.Suahili,FT.SH.MM di Bencingah Adiguna Praya beberapa waktu lalu.

Pantauan Lombok FM, didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) Lombok Tengah, DR.Nurhandini Eka Dewi,Eskep, Bupati secara simblois memberikan paket bantuan tersebut kepada 2 orang petani yang didatangkan ke Bencingah Adiguna Praya. “Bantuan ini, merupakan bentuk perhatian pemda kepada masyarakat petani agar kesehatanya dalam melaksanakan aktifitas sebagai petani tetap terjaga,”Kata Bupati saat itu singkat.

Sementara itu, Dokter Eka, sapaan akrab Kadikes ini kepada Lombok FM menjelaskan, peralatan perlindungan dini dari paparan pestisida dan obat-obtan pertanian berupa topi, masker dan apron tersebut sangat penting untuk digunakan saat beraktifitas disawah.”Karena kalau tidak bisa menyebabkan gangguan kesehatan, apalagi kalau batas normal paparan pestisida terlwati bisa menyebabkan keracunan yang akibatkan kematian,”Jelasnya.

Selain dengan memberikan bantuan tersebut, pihak Dikes juga melakukan pemeriksaan darah tersehadap para petani. Hal itu untuk mengetahui keadaan darh sang petani tersebut, sejauh mana sudah terpapar oleh pestisida saat mereka sedang melakukan aktifitasnya selama ini.”Sejauh ini tidak ada hasil yang menunjukkan ada petani yang melebihi batas normal. Semuanya baik-baik saja, namun demikian tentu kita harus tetap waspada dengan memberikan bantuan tersebut,”Imbuhnya.

Salah seorang petani perwakilan penerima bantuan, H.Muhammad Ilamursyd berjanji akan memamfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Setelah mendengar sosialisasi betapa pentingnya perlengkapan tersebut, membuat ia akan selalu menggunakanya.”Pasti kami akan pakai, kami sadar betapa pentingnya alata ini,”Katanya.

Saat ditanya mengenai apalagi yang saat ini menjadi kebutuhan petani yang mungkin perlu dibantu, ia mengatakan perlu pakaian tertutup untuk melakauakan penyemprotan.”Memang sudah ada bantauan baju dan celana penyemprotan namun itu sudah mulai rusak,”Ungkapanya|001|07|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah